Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Menikmati Sejuknya Udara di Bukit Gundaling

fiforlif
wisata alam sumatera barat
Foto: isipulsa.co.id

Satu lagi destinasi wisata alam yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, adalah Bukit Gundaling. Pesona keindahan Bukit Gundaling tidak kalah indah dengan Bukit Lawang atau pun Bukit Sibayak yang sama-sama berada di Provinsi Sumatera Utara.

Bukit Gundaling yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara merupakan destinasi wisata alam yang menawarkan pesona keindahan kota Berastagi. Kota Berastagi begitu indah terlihat karena Bukit Gundaling ini berada tepat di pinggir kota Berastagi.

Konon nama Bukit Gundaling ini berasal dari sebuah cerita dimana seorang pemuda asal Inggris yang tinggal di Kota Berastagi jatuh cinta kepada seorang gadis setempat. Pada waktu itu sore hari, seorang  pemuda Inggris tersebut bertemu dengan seorang gadis yang sangat cantik. Gadis cantik tersebut tak lain adalah warga asli Kota Berastagi. Pertemuan tersebut membuat mereka  saling jatuh cinta. Sayangnya hubungan cinta keduanya ditentang oleh kedua orang tua si gadis. Keduanya kemudian merencanakan pertemuan di sebuah bukit. Sayangnya pemuda inggris tak kunjung bertemu dengan gadis pujaannya. Karena si gadis tak kunjung dating setelah pemuda Inggris tersebut menunggu sekian lama, akhirnya pemuda Inggris tersebut berkali-kali mengucapkan ‘Goodbye Darling’. Ucapan ini ternyata didengar oleh warga yang tinggal di sekitar bukit. Karena perbedaan bahasa dan kurangnya pengetahuan warga setempat akan bahasa Inggris, warga setempat kemudian meniru ucapan si pemuda Inggris. Karena tak mampu mengucapkan kalimat ‘Goodbye Darling’ secara fasih, akhirnya jadilah kata ‘Gundaling’.

Bukit Gundaling berada diketinggian 1.575 meter di atas permukaan air laut. Udara di bukit ini sangatlah sejuk dan bersih. Cocok sekali untuk para wisatawan yang rindu dengan lingkungan yang sejuk, bersih, nyaman, dan tenang seperti Bukit Gundaling ini.

Berjalan kaki sambil menyusuri puncak bukit Gundaling sungguh menyenangkan dan memberi sensasi tersendiri bagi anda. Sebab, dari bukit yang banyak ditumbuhi pohon pinus ini, anda bisa melihat keindahan alam sambil menikmati udara Berastagi yang menyegarkan. Selain pepohonan rindang, ada juga bunga-bunga indah serta patung manusia yang mengenakan pakaian adat khas suku Batak Karo.

Di sepanjang jalan di Bukit Gundaling, anda akan menjumpai aneka macam pepohonan hijau, seperti pinus, durian, dadap, rambutan, aren, dan rotan, beberapa jenis satwa yang ada di Bukit Gundaling, seperti burung, rusa, monyet, atau babi hutan, dan tak jarang, warga yang melintas di jalan. Di Bukit Gundaling juga dijual aneka jenis pernak-pernik khas kota Berastagi, seperti kaos, patung, kerajinan kayu, dan masih banyak lagi. Bahkan di bukit ini sering diadakan pendakian oleh komunitas pecinta alam yang berasal dari luar kota Berastagi. Objek wisata alam yang satu ini juga mampu menarik wisatawan luar negeri untuk datang kemari, dengan pemandangannya yang mempesona. Anda juga dapat menyaksikan matahari terbit dan tenggelam di atas bukit ini.

Apabila anda lelah menyusuri bukit, anda bisa duduk bersantai di tempat yang telah disediakan, ada bangku dan bebatuan besar yang bisa anda duduki. Jika dianggap masih kurang santai, anda dapat menyewa tikar dan tenda untuk melindungi dari hembusan angin yang terkadang cukup kencang.

Fasilitas-fasilitas yang ditawarkan di tempat wisata Bukit Gundaling ini cukup lengkap. Ada fasilitas transportasi tradisional yang diberi nama ‘dokar’. Dokar adalah alat transportasi yang mirip dengan andong/ kereta kuda. Dengan menyewa dokar, anda dapat berkeliling bukit. Ketika lapar, anda dapat memilih restoran yang menyediakan menu-menu lezat. Terdapat cukup banyak restoran yang dapat dijumpai di sini.

Sepertinya wisata alam Bukit Gundaling ini bisa jadi alternatif pilihan liburan anda dan keluarga untuk sekedar bersantai dan menikmati pesona keindahan kota Berastagi. Atau sekedar menikmati sejuknya udara dan rimbunnya kawasan ini dengan berbagai pepohonan yang membuat udara di kawasan ini menjadi begitu asri terlihat.

 

<< Kembali Ke Obyek Wisata Sumatera Utara

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *