Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Air Terjun Suhom Yang Eksotis

fiforlif
wisata air terjun di aceh
Foto: tavel.kompas.com

Mengunjungi tempat wisata alam disaat liburan tiba tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin melepas penat dari rutinitas sehari-hari, wisata alam yang biasa disinggahi oleh para wisatawan untuk melepas penat adalah pantai, perbukitan, dan juga air terjun.

Air Terjun Suhom bisa menjadi rekomendasi yang sangat baik untuk di kunjungi di provinsi paling barat Indonesia. Air Terjun Suhom berada di Desa Krueng Kala, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar dengan rincian peta dan kordinat GPS: 5° 16′ 59.47″ N  95° 16′ 1.82″ E. Kurang lebih jarak yang wisatawan tempuh dari Kota daerah Serambi Mekah adalah sekitar 75 km melalui jalur Pantai Barat Aceh. Dan untuk menuju ke tempat wisata Air Terjun Suhom anda perlu masuk ke perkampungan sejauh 3 Km lagi dari jalan raya Banda Aceh.

Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi wisatawan harus menempuh waktu satu setengah jam dari kota Banda Aceh. Namun anda tidak perlu khawatir pasalnya sepanjang jalan untuk mencapai tempat wisata melewati dua pegunungan yaitu pegunungan Paro dan juga pegunungan Kulu. Rute jalanan yang berliku dan naik turun terkadang juga harus melewati belokan yang cukup tajam sehingga diharapkan pengemudi harus menguasai kendaraan dan juga mahir dalam berkendara di jalanan yang berbukitan. Dan juga melewati hamparan pantai yang aduhai.

Dibeberapa titik saat melewati pegunungan anda dapat melihat sejumlah kawanan monyet atau orang utan yang berkeliaran atau nongkrong di atas jalan, biasanya pengunjung berhenti sejenak utnuk memberikan makanan atau buah-buahan. tak jarang juga pengunjung yang hanya melemparkannya lewat jendela.

Air Terjun Suhom memiliki ketinggian hingga 50an meter yang terbagi menjadi 3 tingkatan. Setiap tingkat pun memberikan keindahan yang berbeda-beda. Air di tempat ini juga begitu jernih dan sejuk, batuan-batuan yang cukup besar berada di sekeliling air terjun sehingga menambah keindahan disekitar air terjun.

Selain itu untuk anda wisatawan yang hanya menginginkan sensasi alamnya saja, anda bisa menyewa tikar di tempat penyewaan yang tersedia dengan biaya yang cukup terjangkau. terdapat juga fasilitas yang dapat digunakan, MCK dan tempat bristirahat yang cukup nyaman untuk menikmati pemandangan air terjun dengan gemercik air yang timbul dari guyuran air diatas bebatuan.

Di lokasi air terjun juga tersedia kolam untuk anak-anak atau orang dewasa yang tidak pandai berenang dilarang mendekati daerah tepat di bawah air terjun sebab kolam daerah air terjun airnya sangat dalam.

Tebing yang berada di air terjun pun tidak semua diperbolehkan naik ke atas, hanya laki-laki saja yang bisa mendaki, sebab jalan setapak ke atas cukup curam dan juga terdapat jurang yang menganga di pinggirnya.

 

<< Kembali Ke Obyek Wisata Aceh

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *