Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Pantai Pasir Kuning Bangka

fiforlif

keindahan pantai pasir kuningPantai Pasir Kuning Bangka terletak di Desa Air Lintang, Kecamatan Tempilang, Kabupaten Bangka Barat kurang lebih 70 Km dari Kota Pangkalpinang. Untuk mencapai obyek wisata pantai Bangka ini tidaklah sulit karena letaknya juga dekat dengan pusat kegiatan ekonomi masyarakat Tempilang. Selain itu, jalan-jalan yang menghubungkan ke pantai itu juga sudah beraspal.

Pantai Pasir Kuning ini sangat unik karena pasirnya berwarna kuning keemasan,  landai dan ombaknya tenang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke wisata pantai Bangka ini. Dengan pemandangan bebatuan yang indah terletak disudut pantai, kita dapat menikmati panorama alam yang indah mempesona.

Pemandangan di pantai ini juga cukup menawan. Pesona matahari terbit “Sunrise” dan matahari terbenam “Sunset” bisa anda nikmati di obyek wisata pantai Bangka ini karena pantai ini memiliki dua sisi. Satu menghadap ke barat, satunya lagi menghadap ke timur.

Apabila anda sedang berada di sana menjelang bulan Ramadhan, anda pasti akan menyaksikan sesuatu yang unik lainnya dari Pantai Pasir Kuning ini. Adalah suatu pesta rakyat setempat yang dinamai Perang Ketupat. Perang Ketupat merupakan salah satu ritual upacara masyarakat Pantai Pasir Kuning. Upacara ini dimaksudkan untuk memberi makan makhluk halus yang dipercaya bertempat tinggal didaratan.

Acara ini sangat ditunggu-tunggu oleh para wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Mereka tumpah ruah untuk menyaksikan acara ini. Masyarakat desa setempat pun menyediakan banyak sekali makanan untuk disediakan bagi siapa saja yang datang ke sana.

Berdasarkan informasi masyarakat setempat bahwa tradisi Perang Ketupat ini tidak ada yang mengetahui secara pasti kapan pertama kali dimulai. Ada yang mengatakan kalua tradisi ini sudah ada ketika Gunung Krakatau meletus pada tahun 1883. Ada pula yang mengatakan tradisi Perang Ketupat ini telah dilaksanakan sejak zaman penjajahan Portugis.

Itulah keunikan yang dimiliki Pantai Pasir Kuning beserta masyarakatnya yang menjadi ciri khas dari wisata pantai Bangka yang satu ini.

Apabila anda berniat mengunjungi tempat wisata Pantai Pasir Kuning Bangka ini, sebaiknya anda membawa mobil sendiri atau menyewa mobil karena kendaraan umum yang menuju desa dan lokasi upacara sangat jarang. Walaupun demikian, sangat disayangkan kalua anda sedang berada di Bangka tetapi tidak menyempatkan diri untuk berkunjung ke wisata pantai yang satu ini, yaitu Pantai Pasir Kuning Bangka.

<< Kembali Ke Obyek Wisata Kepulauan Bangka Belitung

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *