Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Pantai Tanjung Kalian Bangka

fiforlif
wisata pantai favorit bangka belitung
Foto: travel.detik.com

Kepulauan Bangka Belitung memang terkenal dengan destinasi wisata pantai yang indah dan salah satunya adalah Pantai Tanjung Kalian. Pantai Tanjung Kalian Bangka atau kadang orang menyebutnya Pantai Tanjung Kelian ini berjarak sekitar 9 km dari Kota Muntok. Pantai Tanjung Kalian merupakan salah satu obyek wisata pantai Bangka dimana terdapat sebuah mercusuar selain Pulau Lengkuas dan Pantai Tanjung Ular.

Mercusuar pantai Tanjung Kelian dibangun pada tahun 1862 di masa kolonial Belanda. Mencusuar ini memiliki 16 lantai dengan sekitar 190 anak tangga yang melingkar ke atas sampai ketinggian sekitar 60 meter.

Korbankanlah tenaga anda untuk menaiki mercusuar hingga sampai puncak. Namun anda harus berhati-hati karena anak tangganya sedikit berlumut sehingga agak licin untuk dipijak. Pengorbanan anda akan terbayar ketika anda sudah mencapai lantai paling atas.

Dari puncak mercusuar inilah anda dapat melihat bebas pesona keindahan alam kawasan pantai Muntok yang mempesona. Anda akan melihat beberapa kapal nelayan yang sedang bersandar di Pelabuhan Muntok, deretan pohon kelapa sawit yang menjulang dan beberapa orang yang sedang memancing ikan dengan asyiknya duduk santai di bangkai kapal yang ada di pinggir pantai. Sejauh mata anda memandang, hanya keindahan alam mempesona yang terlihat pasir yang pantai, birunya laut Selat Bangka serta bangkai kapal sisa Perang Dunia II.

Apabila anda takut ketinggian atau berkunjung bersama keluarga, anda bisa berjalan-jalan menyusuri pantai pasir putih ini, berenang serta bermain air laut dan pasir di sepanjang wisata pantai Bangka ini.

Pantai Tanjung Kelain banyak dikunjungi oleh masyarakat setempat apalagi pada sore hari. Mereka datang baik bersama teman maupun keluarga dan juga orang-orang yang suka memancing ikan.

Pantai Tanjung Kalian Bangka memang menawarkan pesona keindahan wisata alam pantai bagi siapa saja yang datang. Selain keindahan alam pantainya, Tanjung Kelian juga menyimpan sepenggal sejarah yang menimpa perawat asal Australia dimana kapalnya dikandaskan oleh tentara Jepang pada masa Perang Dunia II. Anda dapat melihat tugu peringatan atas tragedi tersebut di bagian halaman depan mercusuar yang menjadi saksi bisu.

 

<< Kembali Ke Obyek Wisata Bangka Belitung

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *