Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Pantai Tanjung Ular Yang Berkelok-kelok

fiforlif
wisata paulau bangka
Foto: kompastravelfair.com

Pantai Tanjung Ular merupakan obyek wisata pantai di pulau Bangka ini berada kurang lebih sekitar 15 km dari kota Muntok, kabupaten Bangka Barat dan untuk mencapai lokasi tersebut hanya membutuhkan waktu sekitar 25 menit. Sayangnya untuk mencapai lokasi wisata pantai ini harus melewati hutan dan cukup sulit serta belum tersedianya sarana angkutan umum massal. Untuk mecapai pantai Tanjung Ular, pengunjung harus menyewa ojek motor atau mobil yang tarif sewanya lumayan mahal.

Pantai Tanjung Ular terkesan sebuah tempat yang dihuni oleh banyak binatang reptil, yaitu ular tapi ternyata tidak demikian. Pantai Tanjung Ular merupakan salah satu tempat wisata pantai di pulau Bangka yang bentuk pantainya berkelok-kelok sepanjang kurang lebih 5 kilometer seperti seekor ular. Mungkun karena bentuk pantainya yang berkelok-kelok dan panjang inilah sehingga wisata pantai ini dinamakan Pantai Tanjung Ular.

Selain bentuk pantainya yang berkelok-kelok, keunikan lain dari pantai Tanjung Ular Pantai ini adalah pasir pantainya yang halus dan berwarna kekuningan dan bebatuan yang ada di wisata pantai ini berwarna merah dan coklat keemasan. Ini menjadi keunikan tersendiri dari pantai Tanjung Ular dibanding pantai-pantai di Bangka Belitung yang biasanya memiliki bebatuan granit.

Berenang merupakan aktivitas pantai yang dapat anda lakukan di pantai Tanjung Ular ini karena air pantainya jernih dan kontur pantai yang landai membuat pantai ini aman untuk berenang. Apabila anda kurang puas hanya sekedar berenang, anda juga dapat melakukan penyelaman di pantai ini. Keindahan  ekosistem laut, ikan, dan terumbu karang serta biota laut lainnya begitu asri terlihat.

Sama hal dengan Pulau Lengkuas dengan mercusuarnya, pantai Tanjung Ular juga memiliki mercusuar walaupun tidak terlalu besar. Tapi anda juga bisa menikmati pesona kampung nelayan beserta perahu-perahu nelayan dengan berbagai bentuk yang bersandar di bibir pantai.

Sayangnya obyek wisata pantai Bangka Barat ini masih belum tersedianya fasilitas umum, seperti toilet, rumah makan, dan lain-lain. Anda harus membawa sendiri semua kebutuhan wisata anda. Diharapkan pada waktu yang akan datang, pemerintah setempat dapat mengembangkan tempat wisata pantai ini menjadi destinasi wisata pantai favorit di Bangka Barat untuk berakhir pekan bersama keluarga mengingat potensi tempat wisata pantai Bangka Barat ini cukup bagus dan akses jalan menuju pantai Tanjung Ular cukup lebar meskipun belum dilapisi aspal.

<< Kembali ke Obyek Wisata Bangka Belitung

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *