Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Pesona Pantai Rambak Yang Wajib Anda Kunjungi

fiforlif
pantai rambak bangka beliung
Foto: www.pedomanwisata.com

Dari semua pantai yang ada di Pulau Bangka, adalah Sungailiat yang memiliki koleksi pantai terbanyak dengan pemandangan yang mungkin saja belum tentu dimiliki pantai lain di negeri ini. Salah satu pantai yang mesti dikunjungi di Sungailiat itu ialah Pantai Rambak.

Berlokasi tidak jauh dari pusat Kota Sungailiat, Pantai Rambak hanya berjarak sekira 15 menit perjalanan berkendara dari Sungailiat. Mobil sewaan atau pribadi dapat langsung masuk ke area pantai dan dengan leluasa dapat Anda hentikan di dekat shelter-shelter kayu yang tersedia.

Kota Sungailiat sendiri berjarak sekira 34 km dari Kota Pangkalpinang atau kurang dari 1 jam perjalanan kendaraan roda 4. Jalur jalan yang dilalui sangat baik. Bangka dan Belitung terkenal dengan kualitas jalan aspalnya yang sangat mulus. Di sepanjang jalan menuju Sungailiat, anda pun akan disuguhi perkampungan yang rumahnya masih jarang. Beberapa jembatan akan dilalui karena memang jalur ini menyusuri pesisir pantai yang menjadi hilir bagi beberapa sungai besar

Bertandang ke Pantai Rambak bukanlah pengecualian bila anda memang tertarik dengan foto-foto pantai di kedua pulau ini yang sangat fenomenal. Banyak fotografer mengabadikan panorama pantai di kedua pulau ini dalam keadaan yang sempurna pada bulan-bulan tertentu. Anda akan sangat beruntung bila saat menyinggahi pantai-pantai tersebut dengan cuaca yang sempurna.

Pantai Rambak sendiri menawarkan hamparan pasir putih yang lebar. Di beberapa sudut pantai, menjulang beberapa batuan raksasa yang cocok dijadikan spot foto pagi hari. Sunrise begitu memesona di tempat ini bila disaksikan dari tepi pantainya. Pantulan cahaya pagi di balik pantai menghasilkan bentangan biru langit yang sempurna. Sebagai tampak depan batuan besar dapat anda tunjukkan sebagai bahan cerita saat pulang.

Di tepi pantainya yang berumput dan pohon ketapang yang mulai rindang, berdirilah belasan shelter untuk berteduh dan juga tempat berjualan makanan dan minuman. Anda dapat duduk berteduh di bawahnya, walau dapat dipastikan debur ombak yang bersahabat akan lebih menarik bagi pengunjung.

Tanjung berbatu di tepi utara pun akan menarik perhatian, dan pastilah berdiri di atas batuannya membuat anda berpikir lagi, dan lagi, “Bagaimana batu-batu besar ini bisa tiba di sini?” Bila berkunjung ke Sungailiat, singgahlah di Pantai Rambak di pagi hari. Bila memungkinkan, datang sebelum Matahari muncul di ufuk timur untuk menorehkan kenangan kunjungan anda di Sungailiat.

Pagi hari adalah waktu dimana anda akan mendapatkan golden hour untuk mengabadikan cahaya Matahari yang warnanya indah memancar merah kekuningan. Langit dengan awan yang spektakuler di tempat ini juga pastinya akan mencengangkan pengunjungnya. Tidak perlu seorang fotografer handal untuk menangkap moment seperti sunrise di Pantai Rambak. Semua orang akan mendapatkan hasil yang tak jauh berbeda bila waktunya tepat.

matahari terbit di pantai rambak
Foto: www.femalesia.com

Bila anda suka jogging maka pantai ini pun cocok untuk memberikan anda tantangan berlari di atas pasir putih yang halus. Sesekali, anda dapat menaiki batu yang tinggi dan loncat dari batu ke batu untuk menguji stamina dan ketangkasan.

Setelah menikmati Matahari terbit di Pantai Rambak, lalu menyusuri pantai yang membentang lebih dari 3 kilometer-an panjangnya, anda dapat menikmati makanan khas Bangka berupa kue-kue kecil, mulai dari otak-otak, kue wajit, talam ubi, bugis, olen-olen, singkulun, kue asin, dan kue cincin. Selain itu, cobalah telur setengah matang yang dapat dibubuhi serbuk lada putih yang gurih dan menyehatkan. Warung kopi di Sungailiat kebanyakan menawarkan menu-menu tersebut untuk sarapan yang ringan.

Datanglah ke Warung Kopi Es Asen Mulia yang biasa dikunjungi warga untuk sarapan. Betul, warga Bangka dan Belitung lebih suka menghabiskan waktu sarapan dan makan malam di luar rumah. Anda selalu bisa berkenalan dengan warga setempat untuk berbagi cerita dan pengalaman.

Selain itu, Warung Kopi dan Roti Panggang Tung Tau pun selalu terbuka karena tempat makan dan minum ini buka 24 jam. Cobalah lihat menunya yang beraneka ragam dengan sajian khas Bangka. Anda akan menyukai suasananya yang sederhana dan terbuka dimana warung kopi ini dijalankan sudah lebih dari 3 generasi sejak 1938 dan warung kopi pertama yang dibuka di Sungailiat.

Begitu juga belum ada tempat khusus penjual souvenir di area wisata Pantai Rambak Bangka ini. Apabila anda ingin mendapatkan barang khas pantai dan kota Sungailiat maka silakan meluncur ke pusat kota Pangkalpinang dimana terdapat beberapa toko oleh-oleh yang menyediakan cenderamata khas Bangka dan Belitung. Barang-barang tersebut berupa kerajinan bahan timah, gelang akar bahar, dan yang paling unik ialah batu satam (billitonite), yaitu batu meteor berwarna hitam yang jatuh dari angkasa dan langka.

 

<< Kembali Ke Obyek Wisata Bangka Belitung

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *