Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Keindahan Bawah Laut Pulau Abang

fiforlif
wisata bahari pulau abang
Foto: keywordsuggest.org

Pulau Abang merupakan sebuah pulau yang berada di sebelah selatan kota Batam, provinsi Kepulauan Riau. Pulau ini hanya berukuran kurang lebih 2.000 x 5.000 meter. Tidak terlalu sulit untuk menuju ke Pulau ini. Pulau kecil ini dapat dicapai dengan menggunakan perahu boat atau perahu pompong dari jembatan 6 Barelang sekitar 12 km.

Pulau Abang menjadi tempat yang cocok bagi anda yang ingin berwisata pantai sekaligus berwisata selam dan snorkeling. Selain pesona keindahan alam pantainya yang menakjubkan, begitu pula pesona keindahan bawah laut pun sama indahnya. Bagi wisatawan yang pernah berkunjung ke Pulau Abang pasti akan mengatakan kalau destinasi wisata bawah laut ini tidak kalah dengan Bunaken dan Raja Ampat.

pulau abang batamTaman-taman bawah laut yang indah menampilkan terumbu karang yang menarik dihiasi dengan berbagai bentuk, ukuran, dan warna dari banyak makhluk laut. Semua itu merupakan pandangan yang menanti snorkelers dan penyelam bawah air jernih dari Pulau Abang, selatan dari Batam di Provinsi Kepulauan Riau.

Manjakan mata anda pada keindahan dunia bawah laut dengan berbagai jenis makhluk laut yang berwarna-warni dan beberapa terumbu karang yang paling langka. Ada beberapa tempat menyelam di sekitar Pulau Abang dan semua dari spot tersebut relatif aman. Sebut saja diantaranya ada Pulau Hantu, Pulau Sepintu, Pulau Ranuh, dan Pulau Pengalap.

Pulau Abang dikelilingi oleh banyak pulau-pulau kecil, yang sebagian besar adalah kawasan konservasi terumbu karang. Di lokasi ini terdapat aneka ikan hias langka seperti teri hijau dan blue coral atau terumbu karang yang harus dilindungi untuk kepentingan ekosistem air laut. Ada tiga lokasi wisata di kepulauan Abang, yakni Pulau Abang Besar (Pantai Air Taung), Pulau Ranuh, dan Pulau Pengalap.

Perlu juga menjadi pertimbangan anda sebelum anda berencana berkunjung ke Pulau Abang untuk bisa menikmati keindahan bawah lautnya.  Anda perlu mengetahui kondisi cuaca karena perubahan cuaca di daerah tersebut sering terjadi. Kondisi cuaca yang paling bagus untuk diving di daerah ini adalah sekitar bulan Maret hingga Agustus ketika musim angin timur. Bisa juga anda berkunjung pada bulan September sampai November dimana saat musim angin barat. Pada bulan- bulan tersebut kondisi cuaca terbilang bersahabat dan arus di bawah laut tidak terlalu kencang sehingga sangat nyaman untuk diving

Mulailah anda rencanakan liburan anda ke Pulau Abang dari sekarang. Anda tidak hanya akan berwisata pantai pada umumnya tapi anda juga akan dapat melakukan aktivitas menyelam sekaligus ke beberapa pulau kecil yang ada di sekitarnya.

<< Kembali Ke Kepulauan Riau

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *