Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Kepulauan Riau

fiforlif

provinsi kepulauan riauKepulauan Riau adalah sebuah provinsi baru di Indonesia dengan ibukota Tanjungpinang yang merupakan pemekaran dari Provinsi Riau. Provinsi Kepulauan Riau terbentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 25 tahun 2002 merupakan Provinsi ke-32 di Indonesia yang mencakup Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, dan Kabupaten Lingga.

Secara geografis Provinsi Kepulauan Riau berbatasan dengan beberapa Negara ASEAN dan beberapa provinsi lainnya di Indonesia. Di sebelah utara Provinsi Kepulauan Riau berbatasan dengan negara Vietnam dan Kamboja. Sementara di sebelah timur berbatasan dengan Negara Malaysia dan Provinsi Kalimantan Barat. Di sebelah selatan berbatasan dengan P Kepulauan Bangka Belitung dan Jambi, dan di sebelah barat berbatasan dengan Negara Singapura, Malaysia dan Provinsi Riau.

Luas wilayah Kepulauan Riau meliputi 4 kabupaten dan 2 kota, 47 kecamatan serta 274 kelurahan/desa dengan jumlah 2.408 pulau besar dan kecil yang 30% belum bernama dan berpenduduk. Adapun luas wilayahnya sebesar 252.601 km², sekitar 95% merupakan lautan dan hanya sekitar 5% daratan.

Banyak keunggulan yang dimiliki Provinsi Kepulauan Riau. Kepulauan Riau memiliki letak geografisnya yang sangat strategis karena berada pada pintu masuk Selat Malaka dari sebelah Timur juga berbatasan dengan pusat bisnis dan keuangan di Asia Pasifik, yaitu Singapura.  Ditambah lagi Ibukota provinsi Kepulauan Riau yang berkedudukan di Tanjungpinang terletak pada jalur lalu lintas transportasi laut dan udara yang strategis dan terpadat pada tingkat internasional serta pada bibir pasar dunia yang memiliki peluang pasar.

Begitu pula dengan potensi sumber daya alamnya. Provinsi Kepulauan Riau memiliki potensi sumber daya alam mineral dan energi yang relatif cukup besar dan bervariasi baik berupa bahan galian A (strategis) seperti minyak bumi dan gas alam, bahan galian B (vital) seperti timah, bauksit dan pasir besi, maupun bahan galian golongan C seperti granit, pasir dan kuarsa.

Suku bangsa yang terdapat di Provinsi Kepulauan Riau adalah Melayu, Jawa, Bugis, Batak, Padang, Sunda, Flores, Arab, dan Tionghoa. Sementara bahasa yang dipakai adalah bahasa resmi, yaitu Bahasa Indonesia dan ada juga masyarakat yang menggunakan bahasa Melayu.

Dalam meningkatkan pelayanan masyarakat, mobilisasi penduduk, dan meningkatkan perekonomiannya, Kepulauan Riau menyediakan sistem transportasi yang cukup lengkap yang disesuaikan juga dengan kondisi alam dan jarak antar wilayahnya. Beberapa alat transportasi darat dan air yang biasa digunakan, antara lain: Perahu motor kecil yang biasa digunakan oleh penduduk di kawasan pesisir, Kapal Ferry (MV) sebagai transportasi utama antar kota, Speadboat, Taksi, Angkutan kota, Bus, dan Becak motor.

Sementara untuk transportasi udara, Kepulauan Riau memiliki beberapa bandara udara, seperti Bandara Internasional Hang Nadim yang berada di kota Batam dan juga merupakan kebanggaan bagi Provinsi Kepulauan Riau karena bandara tersebut mempunyai landasan terpanjang di Asia Tenggara. Selain itu ada juga Bandara Raja Haji Fusabilillah yang berada di Tanjungpinang, Bandara Ranai di Natunam Bandara Dabo di Dabo Singkep, dan Bandara Matak di Matak.

Di bidang pariwisata, Kepulauan Riau merupakan gerbang wisata dari mancanegara kedua setelah Pulau Bali. Jumlah wisatawan asing yang datang berkunjung mencapai 1,5 juta orang pada tahun 2005.

Provinsi Kepualauan Riau memiliki obyek wisata budaya, kuliner, sejarah, seperti cagar budaya, makam-makam bersejarah, tarian-tarian tradisional serta event-event khas daerah. Di kota Tanjungpinang terdapat pulau Penyengat sebagai pulau bersejarah karena di pulau ini terdapat masjid bersejarah dan makam-makam Raja Haji Fisabilillah dan  Raja Ali Haji yang kedua-duanya adalah pahlawan nasional.

Obyek wisata Provinsi Kepulauan Riau lainnya, seperti wisata alam, wisata pantai dan wisata bahari juga banyak tersebar di berbagai kabupaten dan kota, antara lain:

Kota Batam

Obyek wisata pantai, antara lain: Pantai Melur, Pantai Galang Mas, Pantai Tanjung Bemban, Pantai Sekilak, Pantai Nongsa, Pantai Melayu, Pulau Abang.

Obyek wisata alam, antara lain: Bukit Cinta, Bukit Senyum, Bukit Jodoh, Bukit Hantu, Bukit Sukajadi, Hutan Wisata Bukit Kucing

Kabupaten Karimun

Obyek wisata pantai: Pantai Pongkar, Pantai Moro, Pantai Durai, Pantai Pelawan, dan Pulau Telunas.

Obyek wisata alam: Air terjun Gunung Jantan, Gunung Karimun, dan Pemandian air panas Tanjung Hutan.

Kabupaten Bintan

Obyek wisata pantainya antara lain: Pantai Lagoi, Pantai Tanjung Berakit, Pantai Trikora, Bintan Leisure Park, dan Pantai Kedondong.

Obyek wisata alam, antara lain: Air terjun Gunung Bintan, Air terjun Gunung Lengkuas, dan Danau Biru.

Kabupaten Kepulauan Anambas

Obyek wisatanya, antara lain: Pulau Bawah, Pulau Nyamuk, Pulau Damar, kepulauan Anambas, dan Air terjun Temurun.

Kabupaten Lingga

Obyek wisata pantai, antara lain: Pantai Anak Benan, Pantai Batu Berdaun, Pantai Batu Berlobang, Panati Berhala, Pantai Nusantara, Pantai Pasir Panjang, Pantai Teluk Empuk, Pulau Lingga, Pulau Singkep, dan Pulau Pucung.

Obyek wisata alam, antara lain: Air terjun Resun, Air terjun Tanda, Batu Belah, Pemandian Batu Ampar, dan Pemandian air panas Dabo Singkep.

Kabupaten Natuna

Obyek wisatanya, antara lain: Gunung Ranai, Cagar Alam Pulau Laut, Pulau Laut, Pulau Midai, Pualu Senua, dan Pulau Serasan.

Kota Tanjungpinang

Obyek wisatanya, antara lain: Bukit Panorama, Puncak Indah, Pantai Indah, Pantai Impian, dan Pantai Tanjung Siambang.

<< Kembali Ke Wisata Indonesia

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *