Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Danau Kembar, Pesona Alam Sumatera Barat

fiforlif

Kabupaten Solok merupakan wilayah yang dikenal sebagai daerah terbanyak danau-danau yang indah dan menjadi objek wisata alam yang cukup sering disinggahi ketika berada di Sumatera Barat. Daerah yang subur dan juga hijau ini berada di ketinggian 400-1.700 mdpl dan memiliki empat buah danau yang memiliki keindahan tersendiri dari masing-masing danau. Mulai dari danau Singkrak, danau Talang, danau Diateh (diatas) dan Danau Dibawah. Dua danau tersebut dikenal sebagai danau kembar karena dari segi luas hingga posisi hampir serupa dan beredekatan jaraknya.

Danau kembar ini terletak di Kabupaten Solok, tepatnya berada di Bungo Tanjung, alahan Panjang. Lokasi danau ini memang cukup stategis dan terletak di atas ketinggian sehingga objek wisata ini cukup dingin suhu udaranya dan membuat anda betah berlama-lama di area wisata Danau Kembar. Pegunungan yang dibalut dengan kabut dan melihat petani kol, cabai, serta kentang menjadi pemandangan indah yang sulit dilupakan oleh pengunjung objek wisata Danau kembar ini.

Alahan Panjang memang memiliki suhu yang cukup dingin, bahkan pada siang hari pun udara tetap terasa dingin dan sejuk, hanya sinar matahari yang memberikan sedikit kehangatan. Di area wisata Danau yang eksotis ini anda pun bisa melihat masyarakat yang biasa beraktivitas dengan menggunakan kain sarung.

Wsata danau ini berjarak sekitar 65 km. Perjalanan yang ditempuh akan melalui tanjakan serta tikungan yang cukup tajam. 15 km perjalanan dari kota padang, anda dapat memandang barisan bukit, pemandangan hutan dan juga jurang yang cukup curam. Hingga mendekati area wisata Danau kembar anda dapat melihat persawahan yang membentang luas di perbukitan.

Meski dikenal sebagai danau kembar, namun dari segi bentuk, luas dan juga ketinggiannya kedua danau ini sangat berbeda. Uniknya danau yang berletak lebih tinggi itu disebut dengan Danau Bawah, kedua danau ini berada di dataran bukit barisan yang saling berdampingan. Jarak antara keduanya sangat dekat hanya sekitar 300 meter. Oleh sebab itu kedua danau ini disebut danau kembar.

Dari area wisata, anda dapat memancing sambil menikmati pemandangan gunung berapi yang masih aktif yaitu gunung api Talang. Kawasan danau kembar juga memiliki wilayah yang cukup luas, dan pemandangan yang luar biasa, seperti perkebunan teh, markisa dan sayur mayur.

Banyak kegiatan lainnya yang bisa dilakukan saat berada di area wisata danau Sumatera Barat ini. Anda yang senang memancing dapat melakukannya di area Danau Kembar. Selain itu juga disediakan area outbond, tracking, dan olah raga air juga aktivitas yang lainnya. Sehingga Danau Kembar tentunya dapat dijadikan tujuan wisata yang cocok untuk berwisata ketika berada di Sumatera Barat.

 

<< Kembali Ke Obyek Wisata Sumatera Barat

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *