Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Pesona Ngarai Sianok

fiforlif

destinasi wisata alam sumatera baratNgarai Sianok merupakan Sebuah lembah curam atau jurang yang terletak di perbatasan Kota Bukittinggi, di kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam Sumatera Barat. Lembah ini memanjang dan juga berkelok sebagai garis batas kota dari selatan Ngarai Koto Gadang hingga ke Ngarai Sianok Anam Sukum dan berakhir di Kecamatan Palupuh.

Ngarai Sianok memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan, dan juga menjadi salah satu objek wisata pilihan provinsi. Ngarai Sianok memiliki kedalaman jurang sekitar 100 m, membentang sepanjang 15 km dengan lebar sekitar 200 m,  dan merupakan bagian dari patahan yang memisahkan pulau Sumatera menjadi dua bagian memanjang (patahan Semangko).

Dan patahan tersebut membentuk dinding yang cukup curam, bahkan hampir tegak luruh dan membentuk sebuah lembah hijau yang sangat indah, hasil dari gerakan turun kulit bumi (sinklinal) yang juga dialiri Batang Sianok (Batang yang berarti Sungai) yang dikenal dengan kejernihan airnya.

Pada jaman kolonial Belanda, jurang ini disebut sebagai Kerbau Sanget, sebab di area ini dahulu sangat banyak kerbau liar yang hidup di alam bebas di dasar ngarai Sianok. Pengunjung juga bisa melakukan kegiatan yang sangat menantang di area wisata ini, tidak hanya sekedar berfoto tetapi pengunjung bisa berkano dengan rute dari Nagari Lambah hingga Jorok Sitingkai Nagari Palapuh selama kira-kira 3,5 jam.

Di sekitar area sepanjang perjalanan berkano pengunjung dapat melihat di tepian terdapat banyak tumbuhan langka seperti rafflesia dan tumbuhan obat lainnya. Fauna yang bisa dijumpai di area wisata Ngarai Sianok ini seperti monyet ekor panjang, siamang, rusa, babi hutan, macan tutul dan juga tapir.

 

<< Kembal Ke Obyek Wisata Sumatera Barat

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *