Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Keindahan Danau Lau Kawar di Bawah Kaki Gunung Sinabung

fiforlif

wisata danau lau kawarBerbicara mengenai wisata danau tentunya banyak tempat yang dapat dikunjungi di Sumatera Utara. Yang paling dikenal tentunya Danau Toba yang memiliki sejuta keindahan dan juga banyaknya kegiatan yang dapat dilakukan di tempat wisata danau tersebut. Dan satu danau lagi yang belum terlalu banyak terjamah oleh wisatawan adalah Danau Lau Kawar yang tak kalah indahnya dari Danau Toba. Danau Lau Kawar tepatnya berada tepat di kaki Gunung Sinabung.

Lokasi Danau Lau Kawar berada di kawasan Ekosistem Leuser dan berada di Desa Kutagugung, kecamatan Naman Teran, tepat di bawah kaki gunung Sinabung, kabupaten Karo, provinsi Sumatera Utara. Jika dari kota Medan untuk mencapai ke danau Danau Lau Kawar kurang lebih memakan waktu 3 jam dengan jarak sekitar 70 KM. Saat diperjalanan pun anda dapat melihat keindahan alam yang tersaji oleh alam. Anda juga dapat melihat gagahnya gunung Sinabung yang cukup gersang. Langit yang biru dihiasi dengan awan-awan putih yang seakan tak henti memanjakan pandangan wisatawan sepanjang kalan menuju Danau Lau Kawar.

Akses ke Danau Lau Kawar juga tidak sulit, karena jalan yang dilewati pun sangat bagus dan juga sudah beraspal. Wisatawan yang datang ke Danau Lau Kawar pun tidak dikenakan biaya untuk dapat menikmati pesona keindahan alam Danau Lau Kawar di bawah kaki gunung Sinabung. Terdapat beberapa tempat bagi anda untuk  menikmati danau dengan cuaca yang sejuk dan terasa hangatnya matahari saat berada di tepian danau. Danau ini juga biasa digunakan untuk para pecinta alam untuk melakukan istirahat sebelum kembali melanjutkan pendakian ke gunung Sinabung.

Untuk pengunjung umum atau bukan bagian dari para pendaki, anda bisa melakukan aktivitas di daerah danau dengan beberapa fasilitas seperti menikmati pemandangan air danau yang berwarna hijau akibat pembiasan dari bukit-bukti hijau yang berada disekitar danau. Anda juga dapat menyewa perahu boat untuk mengelilingi danau, bahkan jika anda menginginkan sensasi lebih dari itu anda bisa menggunakan rakit bambu yang biasa digunakan warga sekitar untuk memancing.

Di tepi danau pun dipasangi batu bronjong untuk penahan erosi, dan juga beberapa besi pembatas untuk mencegah pengunjung tercebur, sehingga wisata danau ini cukup aman untuk dikunjungi oleh keluarga.

Di sisi Danau Lau Kawar juga terdapat Camping Ground seluas 3 Ha. Di sini juga dapat digunakan sebagai tempat untuk membuat tenda untuk para pendaki atau pengunjung yang ingin bermalam bernuansakan alam sekitar. Dari tempat ini dapat juga terlihat jelas gunung Sinabung yang kokoh berdiri sehingga pengunjung juga dapat menikmati pemandangan gunung Sinabung lebih dekat.

Tempat wisata danau ini dirasa cukup menyenangkan dan menarik untuk dikunjungi ketika anda berada di Sumatera Utara dengan wisata alam yang banyak disajikan di Danau Lau Kawar. Tentunya tempat wisata Danau Lau Kawar tidak akan membuat anda merugi dan kecewa dengan pemandangan alam yang indah yang bisa anda dapatkan di bawah kaki gunung Sinabung.

Tapi sayangnya beberapa tahun terakhir ini kondisi alam di sekitar gunung Sinabung tidak memungkinkan untuk berwisata ke sana karena gunung Sinabung masih dalam status siaga 4.

 

<< Kembali Ke Obyek Wisata Sumatera Utara

 

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *